Menu

Live Streaming

Movie of The Week

Beauty and the Beast’ Masih Rajai Puncak Box Office

29 March 2017

Beauty and the Beast’ Masih…

Kisfmjakarta.com, Jakarta - Beauty and the Beast masih kokoh dipuncak box office Amerika Utara. Meski tidak sebanyak...

Read more

Menerka Implementasi 5G di Indonesia

  • Published in News

Pemerintah akan mengalokasikan pita selebar 2.000MHz di frekuensi 28GHz untuk menyambut kedatangan teknologi jaringan 5G di Indonesia. Dalam rencana pemerintah, diperkirakan hanya ada maksimal empat operator di era 5G nanti.

 "Di sana total ada 2GHz dan kalau dibagi masing-masing 500MHz, akan ada empat operator saja. Saya juga tidak ingin banyak operator makanya ini konsolidasi terus," ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat ditemui dalam demo teknologi jaringan 5G milik Ericsson di Hotel Four Seasons, Jakarta

 Kemungkinan operasional 5G di Indonesia, menurut Rudiantara, akan sangat bergantung pada kesiapan operator. Soal regulasi yang memayunginya, Rudiantara mengaku tidak terlalu sulit membuatnya.

 Untuk memulai jaringan 5G, operator perlu lebih dahulu mengembangkan bisnis model yang memungkinkan mereka meraup untung. Namun karena faktor itu operator masih belum berani menyebut kemungkinan penerapan 5G secara komersial.

 "Tergantung bisnis modelnya kalau 2020 sudah siap, kita akan siapkan regulasinya 2018," imbuhnya.

 Bila implementasi 5G terwujud penuh, Rudiantara memperkirakan cara hidup masyarakat akan banyak berubah.

 Dalam uji coba jaringan 5G, Ericsson menunjukkan kecepatan unduh yang dapat mereka rengkuh mencapai 5,75Gbps. Dengan kecepatan tersebut, Ericsson menilai akan ada perubahan besar di industri, Internet of Things (IoT), dan cara kerja manusia.

Salah satu contohnya adalah pengoperasian robot tanpa kabel dengan menggunakan internet berteknologi 5G. Di masa depan, robot memang dipercaya menjadi sumber tenaga kerja. Ericsson meyakini kehadiran 5G ini akan meletakkan dasar baru untuk industri pada umumnya.

 Khusus untuk sektor telekomunikasi, Ericsson menilai penerapan 5G tidak akan berpengaruh langsung ke masyarakat. Presiden Direktur Ericsson untuk Asia Tenggara dan Oseania Thomas Jul berpendapat kemunculan 5G akan lebih berdampak ke industri semata, seperti yang ditunjukkan Ericsson dalam demo pengoperasian robot dengan jaringan 5G miliknya.

 Namun yang tak kalah penting, Jul mengembuskan wacana baru soal 5G dan kaitannya dengan jaringan lain di bawahnya. Jul menuturkan bahwa jaringan 2G tak perlu ditutup meski jaringan 5G digadang akan segera tiba.

 Ia menyebut jaringan 2G bisa dimanfaatkan khusus untuk panggilan suara dan pesan teks, 3G untuk pengiriman data, dan 4G LTE untuk memperkuat semua jaringan itu.

 Wacana itu diamini oleh CEO XL Axiata Dian Siswarini yang juga ditemui di tempat yang sama. Saat operator lain sudah mulai mewacanakan penutupan jaringan 2G, Dian justru masih menanti perkembangan 4G dan 5G di masa depan sebelum memutuskan menutup 2G.

Lihat juga:Jaringan 5G Belum Bisa Dipakai di Asian Games 2018

 

"Ada kemungkinan 2G ini dipakai untuk suara. Jadi kita masih pertimbangkan," ungkapnya.

Menurut Dian, Indonesia belum akan mengadopsi teknologi 5G secara komersial dalam waktu dekat. Lagipula, lanjut Dian, XL baru dua tahun menerapkan teknologi LTE di dalam negeri dan sampai saat ini baru 25 persen dari total pelanggan XL yang sudah memanfaatkannya.

"Kalau untuk percobaan teknis, sekarang pun bisa dilakukan, tapi untuk komersial butuh 3-4 tahun lagi dari sekarang," Dian menambahkan.

 Sebagai penyedia teknologi jaringan telekomunikasi, Ericsson sendiri memprediksi 5G mulai diadopsi secara kmersial sekitar 2019-2020 di seluruh dunia. Senada dengan Dian, Ericsson juga menegaskan 5G belum akan ada di Indonesia setidaknya hingga 2018

 

Sumber

BANDARA CHANGI KEMBALI JADI BANDARA TERBAIK SEDUNIA

  • Published in News

tahun 2017 ini Bandara Changi kembali meraih penghargaan serupa! Ini tahun kelima Changi dinobatkan sebagai bandara terbaik dalam World Airport Awards yang berlangsung di Passenger Terminal EXPO di Amsterdam, 14 Maret 2017 lalu. Selain bandara terbaik, Changi juga menyabet penghargaan untuk fasilitas rekreasi terbaik.

Dan berikut ini daftar 5 penerima penghargaan Bandar Udara Terbaik Dunia 2017:

1.      Singapore Changi Airport

2.      Tokyo International Airport (Haneda)

3.      Incheon International Airport

4.      Munich Airport

5.      Hong Kong International Airport

 

Buat yang belum tahu, World Airport Awards adalah penghargaan paling bergengsi dalam industri penerbangan dan survei dilakukan berdasarkan kepuaan pelanggan dari seluruh dunia. Award ini diakui di seluruh dunia dan bersifat independen sehingga hasilnya tentu dianggap netral dan tidak memihak.

 Sumber

Hilang di Samudera Atlantik, Kapal Kargo Korsel Diduga Tenggelam

  • Published in News

Sebuah kapal kargo asal Korea Selatan (Korsel), Stellar Daisy dilaporkan hilang. Kapal pembawa bijih berkapasitas besar itu diketahui melakukan kontak terakhir di Samudra Atlantik, 2500 km dari lepas pantai pada pekan lalu.

 Bersamaan dengan hilangnya kontak dari kapal tersebut, 22 awak juga tak diketahui keberadaannya. Dua awak kapal asal Filipina lainnya ditemukan terapung di lautan dengan sekoci pada Sabtu (1/4).

 Pejabat Kementerian Luar Negeri Korsel mengatakan sejumlah sekoci lain ditemukan, namun tidak tampak awak kapal lainnya. Hingga kini tim dikerahkan untuk terus melakukan pencarian.

 Berdasarkan informasi yang didapat diketahui 14 orang awak yang masih hilang adalah warga Filipina, sedangkan delapan lainnya dari Korsel. Pemerintah Negeri Ginseng itu juga telah meminta bantuan dari Brasil dan Uruguay untuk membantu pencarian.

 Stellar Daisy sendiri merupakan kapal kargo yang dioperasikan dibawah jasa pengiriman South Korea's Polaris Shipping di Busan. Saat insiden terjadi, kapal itu tengah berlayar dari Brasil menuju Tiongkok.

 Sebelum hilang kontak, kapal sempat mengirim sinyal bahaya. Awak mengatakan jika kapal mereka bocor dan luapan air laut mengisi bagian kiri sehingga membuat kapal miring.

 

Sumber

 

Jelang Lebaran 2017, Kemenhub Siapkan 523 Pesawat

  • Published in News

Sejumlah 523 unit pesawat telah disiapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan. Hal ini merupakan bagian dari Operasi Masa Angkutan Lebaran 2017. "Kami telah menyiapkan 523 unit pesawat terbang yang beroperasi di 35 bandara dan tujuh bandara internasional yang siap melayani saudara-saudara kita mengunjungi kampung halaman," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 3 April 2017.

 Pesawat terbang yang disiapkan terdiri dari 14 maskapai penerbangan. Mulai minggu ini pihak Perhubungan Udara melakukan pemeriksaan pesawat. "Mulai minggu kedua ini, kami mulai melakukan ramp check (pemeriksaan lapangan) untuk mengetahui kesiapan pesawat," jelasnya.

 Agus Santoso menetapkan masa angkutan lebaran untuk angkutan udara tahun ini, yakni selama 26 hari terhitung mulai 15 Mei hingga 10 Juni 2017. Sementara itu, Agus memperkirakan puncak arus mudik dan arus balik terjadi pada 22 Mei hingga 2 Juni 2017.

 Direktur Jenderal Perhubungan Udara juga memperkirakan, jumlah pemakai jasa penerbangan mengalami peningkatan. Diperkirakan ada 18 persen jumlah peningkatan dari tahun sebelumnya, 10 persen untuk penerbangan dalam negeri, sedangkan penerbangan Internasional meningkat 8 persen. "Kelebihan-kelebihan ini akan ditampung berupa penerbangan tambahan khusus tahun ini," ujar Agus.

 

SUMBER

Studio

Grand Indonesia (Menara BCA) 38th Floor
Jl. MH. Thamrin No.1
Jakarta 10310 - INDONESIA

+62 21 23586486

+62 812 1110951

+62 21 23586490